Welcome

Welcome to my simple Blog..enjoying your visit and do not forget to leave your comment :ceers
Selamat datang diblog saya yang sederhana ini..mohon tinggalkan sedikit komentarmu ya..selamat berkunjung dan seoga menambah wawasan

Friday 19 March 2010

Masalah Shalat berjamaah

Assalamuallaikum Wr Wb.

Terlintas dalam pikiran iseng saya untuk mencoba mengulas dari pada masalah keutamaan dan kekhusyuan dalam melaksanakan shalat berjamaah..
Shalat berjamaah itu sendiri lebih tinggi derajatnya / perhitungan pahalanya dimana insyaallah sudah di ajarkan pengertian tersebut sewaktu saya mengaji,pahala yg diberikan yakni sebesar 27 derajat dari yang melaksanakan shalat sendiri yakni hanya 7 derajat..insyaallah karna segalanya hanya allah yang menentukan.

Yang saya perhatikan sekarang,banyak dimana sebagian umat lupa akan faedah dari pada Shalat berjamaah tersebut.Dan yang lebih penting lagi masalah kekhusyuan dalam shalat sekarang ini masih banyak yang melupakannya.

Kekhusyuan dalam shalat masih amat jauh sekali dalam artian yang sebenarnya,saat ini masih saja terdapat hal2 yang menimbulkan berkurangnya pahala shalat.
Misalkan :
- Berdiri sewaktu shalat bergerak2,walaupun sepele tapi tetap saja dapat mengurangi pahala shalat.
- Menggaruk sesuatu dengan tangan lebih dari 3 kali.
- Menguap lebih dari sewajarnya dan masih banyak lagi hal2 yang dapat menguranginya.
Semua hal tersebut tentunya tidak dapat dijadikan alat ukur yang pasti dalam melaksanakan ibadah,hal tersebut sepatutnya tidak dilakukan ketika shalat,semua pahala sewaktu shalat hanya Allah yang dapat menentukannya.
Dimana kita sebagai umat Islam hanya berupaya melakukan ibadah sebaik-baiknya ibadah seorang umat muslim,satu hal lagi yang masih terkait hal ini..di mana saat seorang imam mengucapkan salam tanda akhir dari suatu ibadah shalat,hendaknya kita mengucapkan salam setelah sorang imam menyempurnakan salam yang diucapkannya,sewaktu saya shalat berjamaah disebuah masjid..hal tersebut masih amat jarang diperhatikan oleh seorang makmum.

Postingan ini semata - mata hanya sebagai media pembelajaran antar sesama muslim seagama,dimana semua perilaku tersebut kembali kepada kita masing-masing selaku umat Islam yang bertuhan satu yakni Allah SWT.
Akhirul kalam Wassallamuallaikum Wr. Wb.

No comments: