Welcome

Welcome to my simple Blog..enjoying your visit and do not forget to leave your comment :ceers
Selamat datang diblog saya yang sederhana ini..mohon tinggalkan sedikit komentarmu ya..selamat berkunjung dan seoga menambah wawasan

Sunday 7 March 2010

Tips kawasaki ninja R dan RR 150

para biker's ketahui bahwasannya ada beberapa kerusakan yang perlu kita perhatikan lantaran sering melanda motor kesayangan kita.pada umumnya ada beberapa kerusakan diantaranya :


1. Cepat rusaknya seher dan ring seher

Penyebab : hal ini biasannya disebabkan karena mengganti knalpot standard ke knalpot racing Solusi :

a. jangan menggunakan sembarang knalpot, gunakan knalpot yang berkwalitas dan tidak merusak,

b. pastikan setingan karburator atau buangan pada mesin sesuai dengan type knalpot yang dipakai

c. pastikan setingan pompa oli samping juga telah sesuai

2. Seal shok cepat bocor

Penyebab : karena biasanya para biker's ninja tidak puas dengan posisi standar pabrik dan cenderung menurunkan posisi shok depan agar lebih rendah. sehingga pada saat menghantam lubang segi tiga dan tabung shok beradu satu sama lain Solusi :

a. perhatikan jarak antara segitiga dan tabung shok, agar presisi, sehingga tidak beradu

3. Water pump bocor

Penyebab : karena water pump bocor sehingga menyebabkan air radiator bercampur dengan oli mesin Solusi :

a. gunakan water coolant yang disarankan agar temperatur mesin terus terjaga sehingga tidak merusak seal yang berada di dalam mesin

b. lakukan pemeriksaaan pada mesin secara berkala

4. Gigi nanas cepat aus

Penyebab :hal ini biasannya disebabkan karena gesekan pada gear di dalam mesin yang berlebihan, dan hal ini merupakan dampak dari kurang bagusnya pelumas pada mesin karena telah bercampur dengan air. Solusi :

a. Perhatikan oli pada kaca kontrol pada blok mesin, jika sudah tampak berubah warna atau bahkan tampak putih segeralah ganti oli mesin dengan yang baru

b. lakukan pergantian oli secara berkala



5. Busi cepat mati

Penyebab : hal ini biasannya disebabkan karena pembakaran yag kurang bagus, sehingga meninggalkan sisa pembakaran di busi Solusi :

a. perhatikan setingan pengaput bensin dan oli samping agar seimbang sehingga pembakaran menjadi sempurna


6. Motor Sulit hidup

Penyebab : hal ini biasanya disebabkan karena pemberian bahan bakar yang terlalu berlebihan sehingga sering kali menyebabkan karbu banjir

Solusi :

a. perhatikan setingan karbu agar pas, spuyer dan pilot jet

b. disarankan setingan agar tidak terlalu boros

7. Tarikan pada mesin super kips tidak konstan

Penyebab : hal ini biasanya disebabkan karena katup pada super kips macet lantaran tertutup oleh kerak bekas pembakaran. Solusi :

a. lakukan pembersihan secara berkala b. gunakan oli samping yang low ampas

26 comments:

jefripurba said...
This comment has been removed by a blog administrator.
nubienapi said...

tolong pencerahan bro...
ninin ane setelah geber mesin langsung ngadet+mati . disela susah hidup.. kalopun hidup mesin ngadet lg+mati. pdhl bbm msih sisa 3literan. ada apa ya dengan ninin bs mendadak tiba2 gt

Aqdank said...

@nubienapi: bisa disebabkan terganggunya jalur bahan bakar ke karburator, cukup bersihkan tangki dan kran bensinnya..
(pengalaman bro)

Unknown said...

motor ane minyak banjir gak kunjung sembuh udah capek bikinnya tapi gak kunjung bagu..
paling kalo bagusnya cuma ampe 2-3 hari abis itu mulai lagi dech..
mohon pencerahan..

ninja ancol said...

tolong solusinya apa yaa bro ninja ane baru ambil dr dealer baru jalan,3bln kalo pagi itu susah di hidupnya emang jarang di pake 4,hr sekali sih di panasin krj pake motor bebek maklum bru punya ninja mohon solusinya yaa bro thx..

Agus said...

Coba bro carbu setting ulang..masalah susah hidup bisanya karna settingan,oli pakai apa ?ane sih recomen pakai eneos..lebih enak dan gampang dibersihin motor ga dipake 2 minggu,waktu manasin cuma bongkar bersihin busi 2x dilap copot pasang langsung tokcer lagi..klo mau settingan enak klo ente daerah jkt cari bengkelnya mas teguh daerah Pal Merah..searching aja di map

Agus said...

Nama bengkelnya Family Motor

Unknown said...

Motr ane ninja r tahn 2011 knapa kalo dijalanin mati mati trusss mas apanya yang tdak beresss ..solusinya gmana mas trm kash

Unknown said...

mau nanya nih suhu.. busi motor gw sering banget mati kenapa ya?
karna gw udah ganti carburator 3.4? atw di akalin bloknya ?
atow karna coil ?
masalah pengapian atw apa ya..
mohon saran.. thx

Agus said...

Cek pengapian
sama settingan karbu bro

Agus said...

Itu bisa terindikasi dari faktor pengapian bro coba cek pengapian di bengkel terpercaya

Unknown said...

Mo nnya ni klo air radiator cpet abis trus olinya brubah putih kya susu
itu yg prlu d btukin apnya bos...

Unknown said...

Mohon pencerahan bro..ninin ss ane standaran..kenapa ya kalau tiap 2 hari sekali dihidup susah bgt nyala..ada kah solusi?katanya harus ganti pilot jet ukuran 48 dan pelampung bensin diturunkan 2 garis.apakah ngaruh ya?mohon informasinya ya

Unknown said...

Mau nanya ni ninja krr 150 2010 saya kok sering masalah di busi ya, sdikit sedikit mati trus masalahnya busi, kalau kata bengkel kepercayaan saya itu mesti colok ring sama ganti piston, karna udah kena, karna pembakaran nya gak sempurna, jadi makan ke busi, tolong share saran nya ya gays. Thankyou

Unknown said...

Bang mau nanya nih punya saya ninja r thn 2010 , tp kenapa ya klo abis jalan trus di matiin sekitar 1 jam itu klo mau di nyalain lagi agak susah nyala nya , itu knp ya bang ??
Mohon pencerahan nya bang

Agus said...

cek kpala busi ada api nya gak,klo hilang brarti dari sistem pengapian
atau setting karbu kurg pas..
dulu sempet ngalamin krn kabel bodi dah jelek..skrg dah ga maen ninja lagi

Unknown said...

Slamat pagi mas mf mnganggu nh
Mw tnya in mas, knpa ya motor ku sering mkn busi, busi hitam gak mw hdup trus ngadet2 law hdup, knpa oli ya naik k atas busi ya. N knpa karbu sya law bjln tuh berembun/basah d permukaan luar ye, sering ya mas

Unknown said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Slamat pagi mas
Mw nnyk nh mas knpa ya busi motor ku sering hitam ber oli d busi ya, ngadat2 susah hdup. N knpa ya mas karbu ku sering basah d permukaan luar ya/berembun, law bjln slalu basah. Ninja r 97

Unknown said...

Bang,mau tnya lgi soal permasalahn mtor kawasaki ninja R. Soalnya mtor gue nii,slalu banjir trus..bgaimna solusinya ya?

Anonymous said...

banyak kerak tanda olsam ga cocok,servis dulu bersihin kerak
body karbu basah karna bbm sifatnya lebih dingin dari udara luar..masih wajar klo mesin dah hidup juga nanti ga basah lagi

Anonymous said...

cek part pelampung di karbu terutama bagian yg kaya jarum kecil ada karetnya

Anonymous said...

Busi kali mati gan..

Anonymous said...

cek timing pengapian..

Anonymous said...

Ganti seal,tanda seal yg berhubungan dah getas atau haus

Anonymous said...

Setting ulang karbu sesuaikan dengan knalpot jika sdh diganti racing